tips, safety buletin, hse, agungrent

BAHAYA PENGGUNAAN PONSEL SAAT BERKENDARA

Pemandangan yang sering terlihat di jalan, yaitu banyak pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor bermain ponsel dalam kondisi berjalan. Meski ada larangan dan berisik tinggi menimbulkan kecelakaan, aktivitas ini tetap saja dilakukan dengan tak acuh. Berkendara sambil menggunakan ponsel itu pasti mengurangi konsentrasi, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Kenapa berkendara sambil menggunakan ponsel di larang ?

1. Memecah Konsentrasi

Penggunaan telepon genggam saat berkendara dapat memecah konsentrasi pengendara

2. Menurunkan Kinerja Otak

Bukan hanya sekadar mengalihkan konsentrasi, konon kabarnya kinerja otak pengemudi sambil menggunakan telepon genggam akan menjadi lebih lamban dan tidak efektif, sehingga mengurangi konsentrasi dan meningkatkan kemungkinan untuk melakukan kesalahan.

3. Menyebabkan Kecelakaan

Membalas pesan singkat saat berkendara tentu akan meningkatkan risiko kecelakaan yang lebih tinggi lagi. Bagaimana tidak, mengemudi sambil mengoperasikan telepon genggam dapat membuat pengemudi kehilangan kontrol dan juga konsentrasi. Akibatnya, konsentrasi menjadi teralihkan karena Anda lebih fokus pada membalas pesan singkat.

4. Terancam Hukum Pidana

Mengoperasikan telepon genggam saat memegang kendali setir kendaraan bisa membuat Anda terkena sanksi hukum UU No.2 tahun 2009 pasal 106. Jika dilanggar, Anda akan mendapat hukuman kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp750.000.

Itulah mengapa dilarang untuk menggunakan ponsel pada saat berkendara karna sangat berbahaya dan beresiko melanggar pelanggaran lalulintas di jalan. karna tingkat kecelakaan yang sangat tinggi pada saat menggunakan posnel pada saat berkendara.

Salam sehat dan selamat di jalan

(Tim HSE Agungrent)