car rental, tips, night driving, awareness

Tips Berkendara Di Malam Hari

Hampir 90% dari kemampuan seseorang saat mengemudi bergantung pada penglihatan. Namun kemampuan untuk melihat akan turun secara dramatis di malam hari. Tidak heran mengemudi di malam hari adalah salah satu kegiatan paling berbahaya. Dari semua kecelakaan mobil yang fatal, 49% terjadi pada malam hari. Bahkan, mengemudi pada saat orang tidur ini memiliki tingkat kematian per mil hampir 3X lipat dari mengemudi di siang hari. Berikut tips aman saat berkendara di malam hari.

Bersihkan Kaca Mobil Anda

Pastikan seluruh kaca mobil selalu bersih agar daya pandang atau visibilitas Anda jelas. Untuk itu, pastikan penampung windshield cleaner selalu terisi, jadi Anda bisa membersihkan kaca setiap saat. Agar pembersihannya lebih baik, gunakan aditif pembersih yang mampu mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kaca mobil.

Tingkatkan Kualitas Pencahayaan

Untuk memaksimalkan pencahayaan lampu mobil,  ganti  bohlam  konvensional dengan jenis high intensity discharge yang lebih terang. Beberapa jenis lampu tersebut dilengkapi dengan penerangan low beam yang lebih baik, terutama ketika cuaca kurang bersahabat. Namun sebaiknya lengkapi juga dengan relay agar arus listrik pada mobil sesuai dengan yang dibutuhkan.

Persiapan Fisik & Istirahat yang Cukup
Karena  terbatasnya  penglihatan,  mengemudi  di malam  hari  memerlukan kewaspadaan ekstra dan stamina yang berbeda dengan mengemudi di siang hari. Secara biologis pada malam hari badan kita memerlukan istirahat, saat konsentrasi mulai berkurang dan kelelahan mulai hinggap, segeralah berhenti dan beristirahatlah sebentar untuk kemudian melanjutkan perjalanan.  Apabila  badan  telah  segar  dan konsentrasi  kembali  penuh  maka  silakan  untuk  melanjutkan  perjalanan Anda.